Inspirasi
Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!

Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!
Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI). 8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI).
 
8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.
 
Adanya HAI ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program atau proyek yang akan memberantas buta aksara di seluruh dunia.
 
Menurut Global Monitoring Report on Education for All yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2006, daerah Asia Barat dan Selatan memiliki tingkat keaksaraan orang dewasa terendah (58,6%), diikuti oleh Sub-Sahara Afrika (59,7%), dan daerah Arab (62,7%).
 
Negara-negara dengan melek huruf terendah di dunia adalah Burkina Faso (12,8%), Nigeria (14,4%) dan Mali (19%). Dari laporan ini menunjukkan hubungan yang jelas antara tingkat buta huruf yang rendah di sebuah negara, dengan kemiskinan di negara tersebut.
 
Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap provinsi. Pada tahun ini, Palu, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk perayaan HAI ke-51 dengan tema “Aksara untuk Pembangunan Lingkungan”. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan memberi inspirasi untuk kualitas pendidikan keaksaraan sebagai pondasi pemberdayaan masyarakat.
 
Tema ini selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO Literacy and Suistainable Societies atau Keaksaraan untuk Masyarakat Berkelanjutan. Pesan dari tema ini adalah menunjukkan bahwa keaksaraan bukan sekadar prioritas pendidikan, tapi merupakan investasi yang penting bagi masa depan yang berkesinambungan.
               
Sumber: student.cnnindonesia.com








Inspirasi Lainnya
Kisah Cerdas Pendidikan Seorang Ayah Kepada Anak Laki-Lakinya
Kisah Cerdas Pendidikan Seorang Ayah Kepada Anak Laki-Lakinya
Jum'at, 07 April 2017 08:03 WIB
beriring bersama dalam pengasuhan dan pendidikan buah hati tercinta... 😍😍😍 “Aa, Abang, Kaka. Masuk kamar!” suara Ayah tegas dengan nada dan volume cukup tinggi namun bermimik wajah lembut. Ada apa gerangan? Ayah hampir tidak pernah sekeras ini saat berbicara. Kami bertiga masuk ke kamar, menuruti perintah Ayah dengan kepala tertunduk. Peluh masih membasahi sekujur punggung, kami baru pulang bermain bola di kampung sebelah saat adzan Isya telah berkumandang.
Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian
Idola Anak Menentukan Kepribadian Anak, Peran Ayah Bunda Sangat Dibutuhkan Agar Tidak Menyesal Kemudian
Senin, 07 Agustus 2017 09:57 WIB
Ayah Bunda kita tidak bisa memaksa anak untuk mengindolakan seseorang, tapi kita bisa mengarahkan anak agar mengindolakan yang kita mau. Selain bisa memberi dorongan positif, tokoh idola juga bisa memberi dorongan negatf. Oleh karena itu Ayah Bunda perlu memberi arahan yang benar terhadap pengidolaan si kecil.
Cara Hemat Melakukan Meditasi Khusus Untuk Kesehatan
Cara Hemat Melakukan Meditasi Khusus Untuk Kesehatan
Kamis, 28 Juli 2016 03:40 WIB
Al Quran menegaskan peran penting khusyuk dalam memelihara shalat. Karena banyak umat Islam yang tidak khusyuk dalam shalatnya, meskipun mereka berupaya berulangkali tapi mereka gagal untuk menjaga kekhusyuan dalam shalat. Karenanya Allah berfirman: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.
Dampak Memakan Harta Haram
Dampak Memakan Harta Haram
Rabu, 05 Oktober 2016 03:57 WIB
Ayah Bunda, berbagai bentuk makanan tidak halal disajikan di lingkungan kita. Para pedagang yang menjual makanan pun kurang memperhatikan bahan yang diolah, padahal sangat besar efek dari memakan dari jenis panganan haram. Berikut akan diterangkan dampak langsung dan tidak langsung dalam mengkonsumsi makanan haram.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Dewi Purnamasari Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya